Pages

Negara Superpower atau Adikuasa

9.4.16


Hasil gambar untuk bendera uni soviet
Hasil gambar untuk bendera britania raya

Mengapa national power sangat penting ?
Power merupakan kekuatan suatu pihak atas pemikiran dan tindakan pihak lain, yang fenomena tersebut dapat ditemukan manakala manusia hidup dalam hubungan interaksi dan pergaulan sosial. Negara merupakan abstraksi dari sejumlah kelompok individu maupun golongan yang mempunyai kesamaan cirri khas yang menjadikan mereka anggota negara yang sama (nationality). Unsur kekuatan nasional tidak berpaku pada kualitas maupun kuantitas populasi suatu negara. Berikut beberapa unsur suatu negara yan memiliki power              :
1     .      Faktor Geografis. Letak geografis merupakan andalan kekuatan yang memengaruhi politik luar negeri suatu negara. Misalnya, sebuah fakta bahwa Amerika Serikat terpisah oleh Samudera Atlantik yang mengurangi dampak politik yang berkecamuk di benua Eropa dan Asia. Dengan kata lain, letak geografis Amerika Serikat tetap menjadi faktor dasar pertimbangan oleh politik luar negeri global.

2        .      Sumber Daya Alam. Faktor ini melingkupi ketersediaan pangan, potensi minyak bumi, bahan mentah, dll. Dalam kasus ketersediaan pangan, negara yang menikmati sumber pangan yang besar tidak perlu mengalihkan politik luar negeri dari kepentingan nasionalnya, dengan menjamin penduduknya tidak akan mengalami kelaparan.

3      .      Kemampuan Industri. Negara dengan cadangan bahan mentah yang besar, namun tidak sepadan dengan pranata industri yang memadai tidak menjadikannya sebagai kekuatan politik global. Jadi tidak dapat dipungkiri, bila negara industry sangat identik dengan kekuatan besar dalam perubahan politik dunia.

4    .      Kesiagaan Militer. Ketergantungan kekuatan nasional atas kesiapan militer sangat jelas, dengan memerlukan pranata militer yang ampuh mendukung politik luar negeri yang ditempuh oleh negara. Unsur kesiagaan militer di sini melingkupi penguasaan teknologi, kualitas kepemimpinan militer yang berpengaruh atas kekuatan nasional, dengan memiliki pemikiran baru pada siasat dan taktik. Namun negara dengan pemimpin yang tangkas akan menjadi negara yang lemah apabila tidak memiliki jumlah pasukan yang besar dan berkualitas.

5    .      Penduduk. Tidak tepat untuk mengatakan bahwa semakin besar jumlah penduduk, semakin besar pula kekuatan nasional. Misalnya kasus RRC, yang memiliki penduduk 1.3 miliyar, dan India yang berpenduduk 1 miliyar, tidak menjadikan diri mereka kekuatan superpower global. Jumlah penduduk yang besar dan berkualitas dapat digunakan untuk menggerakan roda gerak industry, militer.

6   .      Karakter Nasional. Karakter nasional pasti akan memengaruhi kekuatan nasional. Moral nasional salah satunya, moral nasional adalah tingkat kebulatan tekad suatu bangsa untuk mendukung politik luar negeri yang menyebar ke segenap kegiatan negara, seperti produksi industri, pranata militer maupun dinas diplomatiknya. Moral nasional penting manakala suatu kekuatan nasional membawa pengaruh atas masalah internasional, karena berpengaruh pada tekad pemerintah dalam politik luar negerinya.

.      Kualitas Diplomasi. Kualitas diplomasi suatu negara menggabungkan faktor-faktor lain menjadi kesatuan kekuatan nasional yang terpadu, memberikan arah negara. Negara-negara harus mengandalkan kualitas diplomasinya supaya dapat bertindak sebagai katalisator untuk faktor yang berbeda demi membentuk kekuatan nasional negara. Pemerintah harus pula memastikan persetujuan rakyat sendiri untuk politik dalam dan luar negerinya.

Arus globalisasi juga telah merubah pandangan dunia mengenai National Power tersebut. Unsur-unsur kekuatan nasional yang terdiri atas faktor geografis, sumber daya alam, penduduk sampai dengan kualitas diplomasi masih berlaku hingga era ini. Namun hal tersebut, tidak cukup menjadi titik acuan yang memengaruhi kekuatan nasional. Terdapat banyak faktor lain yang saling berkorelasi satu sama lain, seperti kekuatan investasi, perdagangan, sosial, kebudayaan, hingga agama ( religion ) dapat pula memengaruhi seberapa besar kekuatan nasional yang dimiliki oleh suatu negara.

Mengapa Amerika Serikat ?

Sebelum kita membahas Amerika sebagai negara superpower atau negara adidaya, maka kita ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan negara adidaya atau super power. Negara adikuasa atau negara adidaya, adalah negara yang mempunyai kekuasaan lebih di percaturan politik internasional  baik dalam mempengaruhi peristiwa-peristiwa global maupun lebih jauh mengambil keputusan dalam proyek-proyek internasional. Negara seperti ini biasanya dianggap sebagai pemimpin oleh negara-negara lainnya.
Dalam pembahasan negara superpower ini, saya memilih Negara Amerika Serikat. Mengapa ? ya, kita tahu perekonomian Negara Amerika merupakan salah satu sistem perekonomian yang memiliki pengaruh penting dalam sejarah perekonomian dunia. Bahkan dengan segala pengaruhnya tersebut menjadikan Amerika sebagai negara yang menjadi panutan bagi negara lain khususnya dalam hal pembangunan sistem perekonomian.
Awalnya memang perekonomian Amerika tidak berbeda dari negara lainnya. Namun karena rakyat Amerika menjunjung tinggi pengabdian terhadap kepentingan demokratis yang akhirnya menjadikan negara ini sebagai negara yang kuat dalam berbagai bidang di banding negara lain, termasuk dalam bidang perekonomian.
Amerika Serikat terdiri dari 50 negara bagian dan federal distrik, Amerika menjadi negara dengan peringkat ketiga dalam hal jumlah populasi penduduk. Semenjak akhir perang dunia II, Amerika mengokohkan negaranya menjadi negara paling berpengaruh di dunia dan mulai mengembangkan teknologi senjata nuklir. Dengan modal senajta nuklir membuat kekuatan militer Amerika menjadi yang paling ditakuti di seluruh dunia. Untuk teknologi, hampir semua teknologi modern berasal dari Amerika. Dengan segala kemajuan teknologi dan juga ekonomi, Amerika memiliki GDP sebesar 18,1 juta USD.
Memiliki ekonomi terbesar di dunia dan teknologi militer yang paling berbahaya itulah beberapa faktor yang membuat Amerika Serikat menjadi negara adidaya. Membangkitkan kekuatannya saat awal kemerdekaan membuat negara ini sangat ditakuti oleh negara lain.

Sejarah Amerika Serikat

Amerika mendapatkan kemerdekaannya pada 4 Juli 1766 dengan memiliki tigabelas wilayah koloni bekas koloni Britania Raya (Inggris). Britania Raya merupakan negara adidaya terlama di dunia. Berbagai rintangan yang pernah dialami seperti perang Britania Raya – Amerika Serikat, Perang Saudara, Perang Meksiko – Amerika Serikat, tidak membuat Amerika Serikat goyah.
Perang Spanyol – Amerika Serikat
Perang Spanyol – Amerika Serikat terjadi pada tanggal 25 April sampai 12 Agustus 1898. Dalam perang ini Amerika Serikat tampil sebagai negara adidaya baru. Dengan perang melawan Spanyol maka Kerajaan Spanyol yang pernah menjajah Amerika Serikat menjadi disegani karena Amerika Serikat sebagai negara adidaya yang baru setelah Britania Raya.
Amerika menjadi negara adidaya atau negara yang menjadi superpower karena negara dengan sistem pemerintahan republik federal ini telah menjadi negara yang memiliki kekuatan militer, ekonomi, dan memiliki kekuatan politik serta teknologi yang tinggi. Pasca Perang Dunia II dan Perang Dingin, negara yang sering disebut Negeri Paman Sam ini terus maju menjadi negara yang menguasai perindustrian, bahkan pengaruh negara ini semakin luas hingga menjadi pusat teknologi dunia setelah pecahnya Perang Dingin antara Blok Barat dan Blok Timur.  Sehingga Amerika menjadi pacuan atau contoh bagi negara lain.

Referensi       :

2.      Histories%20Make%20Mind%20Wise%20%20PERAN%20AMERIKA%20SEBAGAI%20NEGARA%20ADIKUASA.htm

21 komentar:

  1. Amerika memang menjadi central power di dunia dalam sektor apapun. Power memang memperngaruhi segalanya. Keren artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, kekuatan ekonominya juga sangat berpengaruh di dunia

      Hapus
  2. wah ternyata amerika serikat benar2 kuat dan jadi macan dunia . Terimakasih kak untuk infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama kak, terimakasih atas kunjungannya

      Hapus
  3. Banyak penduduk, luas wilayah bukan alasan suatu negara disebut super power. Wah, ini nih bagus artikel nya

    BalasHapus
  4. terimakasih kak, kalau banyak penduduk tapi penduduknya berkompeten atau berkualitas bisa juga menjadikan negara tersebut memiliki power dalam pembangunan negaranya dulu

    BalasHapus
  5. Power memang berperan sangat penting..baik itu dalam hal ekonomi,ideologi,bahkan perang...

    BalasHapus
  6. US IS DA BOMB DOT COM. terimakasih infonya, ya <3 so useful xx

    BalasHapus
  7. Itulah kelebihan dimana suatu negara memiliki power yg berpengaruh dalam berbagai bidang sehingga dapat membuat negara tersebut menjadi pusat / patokan buat negara2 yang menuju maju (berkembang) :D ,, ulasan yang menari dek , NICE !!!

    BalasHapus
  8. Pertanyaannya adalah: Apa kualitas nasional Amerika Serikat yang membuatnya menjadi negara adidaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya terimakasih atas pertanyaannya kak, yang saya tahu amerika serikat bagus dalam kekuatan militer dan ekonominya dimana perekonomiannya terbesar didunia. Amerika Serikat juga merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah, infrastruktur yang maju, dan produktivitas yang tinggi
      Perlu diketahui juga bahwa kekuatan militer AS selalu didukung oleh kekuatan ekonominya.

      maaf ya kalo jawaban saya masih kurang hehe

      Hapus
  9. Negara Amerika Serikat memang negara yang superpower serta memiliki teknologi yang canggih
    terimakasih informasinya ..

    BalasHapus
  10. Kak, selain Amerika Serikat apakah ada negara lain yang berpotensi untuk menjadi negara super power juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas pertanyaannya kak, sebenarnya memang masih banyak negara lain yang berpotensi menjadi negara superpower. karena sebuah negara yang disebut negara superpower adalah salah satunya yang memiliki SDM yang dapat memanfaatkan serta memaksimalkan SDA yang dimiliki suatu negara. jadi, dari hal tersebut suatu negara dapat memaksimalkan kekuatan ekonominya di lingkungan nternasional dan dari kekuatan ekonomi itu dapat menguatkan kekuatan nasionalnya yang lain. sebagai contoh negara yang berpotensi sebagai negara superpower bisa juga negara kita Indonesia. negara kita inikan juga memiliki SDA yang berlimpah menurut saya, dan SDMnya juga memiliki potensi atau kualitas yang lumayan. hanya saja dimana pemerintah dan masyarakat kurang berkolaborasi serta kurangnya kesadaran masyarakatnya juga. jadi itu menurut saya kak, maaf kalo masih kurang lengkap hehe

      Hapus
  11. Apakah ada kemungkinan Amerika Serikat tersaingi oleh negara lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya kalo menurut saya ya kak bisa saja amerika disaingi oleh negara lain tinggal bagaimana bangsa lain berusaha memajukan negaranya dengan cara memaksimalkan potensi yang dimiliki negara tersebut. karena menurut saya kemajuan suatu negara juga bergantung dari masyarakatnya sendiri serta pemerintahan dalam melakukan kerjasama entah dengan warga negaranya atau kerja sama dengan negara lain untuk pembangunan negaranya. sebelumnya terimakasih atas pertanyaannya kak

      Hapus
  12. lalu jika kita melihat kondisi Indonesia yang sekarang, apakah Indonesia juga mampu bersaing dengan Amerika? bagaimana pendapat anda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo menurut saya masih belum tapi ada kemungkinan bisa kak. dan maaf belum bisa menjelaskan kak hehe

      Hapus
  13. Sebenarnya masih banyak yang dapat digali dari Superpower state ini. Apalagi alasan mengapa bisa dikatakan Amerika Serikat sebagai negara adidaya untuk lebih diperjelas karena semula dunia terbagi menjadi bipolar. But it's good enough.... fighting!!!! Thanks for the information.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mba fathia atas masukannya, karna saya juga masih belajar hehe

      Hapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS